Pages

Tuesday, January 7, 2014

Manisan Carica Asli Wonosobo

buah carica wonosobo
Manisan Carica Asli Wonosobo - Pernah dengar buah Carica? Carica atau Pepaya gunung (Highland Papaya - Vasconcellea cundinamarcensis, syn. Carica pubescens) adalah kerabat buah pepaya dengan habitat hidup di dataran tinggi basah, 1.500-3.000 m di atas permukaan laut. Carica berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan.

Pohon pepaya gunung masuk ke Indonesia di masa Perang Dunia II yang dibawa oleh pemerintah Hindia Belanda lalu menyebar di sekitar Dataran Tinggi Dieng Wonosobo. Saat ini "carica" adalah produk unggulan dan buah tangan khas dari Dieng.

Konon jika bibit carica ditanam di luar Dieng maka Buah yang dihasilkan akan seperti buah pepaya biasa, bukan menjadi carica.

Saat ini carica diolah dalam bentuk manisan yang bisa dibawa ke luar kota sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke dataran tinggi Dieng. Buah carica yang dipotong kecil-kecil ditambahkan larutan manis (gula) yang segar. Kemasan botol kaca dan gelas plastik menjadi pilihan yang bagus untuk turis asing maupun domestik.

Jika anda berkunjung ke Dieng dan Wonosobo, maka sirup Carica ini tidak bisa dilewatkan.

Manisan Carica menjadi produk unggulan khas daerah dataran tinggi Dieng dan Wonosobo. Manisan carica memiliki texture seperti buah mangga. Saus atau air manisan dibuat dari biji Carica sehingga memberikan aromanya harum yang menggoda selera untuk mencicipinya.

Konon ada beberapa manfaat kesehatan jika anda mengkonsumsi buah carica, yaitu :

  • mengobati sariawan
  • memperlancar pencernaan
  • mengurangi panas tubuh
  • mengobati sakit lambung (maag)
  • menghaluskan kulit
  • mengatasi sembelit
  • membantu membuang lemak dalam tubuh
Manisan sirup carica cocok untuk disajikan di rumah, acara penting untuk menjamu teman kerabat atau tamu spesial seperti Ulang tahun, pernikahan dan lain-lain.

Setelah menikmati mie ongklok dilanjut manisan carica, hmmm ... nikmatnya

No comments:

Post a Comment