Pages

Monday, January 6, 2014

Mie Ongklok Wonosobo

Berwisata ke dataran tinggi Dieng Wonosobo, kurang lengkap rasanya apabila belum menikmati kuliner khasnya yaitu Mie Ongklok. Cita rasa kuliner ini bisa menempel di lidah sehingga membuat kangen banyak orang.

Mie ongklok adalah trademark-nya Kabupaten Wonosobo!

Mie Ongklok adalah sajian Mie kuning ditambah sayuran daun kol yang direbus dan potongan daun kucai yang merupakan hasil sayuran khas petani Wonosobo. Campuran mie dan sayuran dicelupkan beberapa menit dalam air mendidih lalu taruh di mangkuk dan diguyur dengan kuah "jenang".

Kuah mie ongklok (jenang) berasal dari tepung kanji (pati) dicampur gula jawa, ebi (udang kering), serta rempah tradisional. Biasanya mie ongklok juga diberi tambahan bumbu kacang , merica bubuk, bawang goreng dan potongan cabe rawit.

Asal tahu saja, daun Kucai juga berguna untuk obat penurun darah tinggi.

Makan Mie Ongklok sering ditemani sate sapi bumbu kacang yang halus dan manis. Konon, tekstur dan rasa daging sapi dinilai paling pas saat disajikan bersama mie ongklok. Selain itu ada tempe kemul, dan geblek (makanan yang terbuat dari singkong) yang merupakan jajanan khas Wonosobo. Perpaduan ini membuat rasa mie ongklok menjadi sedap dan segar.

Mie Ongklok yang paling terkenal di Wonosobo, adalah Mie Ongklok Pak Muhadi yang terletak di jalan A. Yani dan Mie Ongklok Longkrang di Jalan Pasukan Ronggolawe no. 14 Wonosobo.

Penasaran mencoba Mie Ongklok khas Wonosobo?

No comments:

Post a Comment