Pages

Thursday, January 2, 2014

Slondok Cemilan Khas Magelang

Kalau anda berkunjung ke Magelang, blum lengkap rasanya apabila anda belum mencicipi Slondok Cemilan Khas Magelang yang gurih, manis dan pedas. Makanan cemilan tradisional ini terbuat tepung tapioka (singkong) yang diolah tambahan bumbu rempah dan digoreng sebelum dihidangkan sebagai jajanan iseng untuk menemani acara minum kopi/ teh di sore hari atau cemilan saat menonton acara televisi.

Banyak pengrajin slondok di Magelang, beberapa diantaranya yang terkenal adalah Wilayah sekitar Borobudur atau Grabag yang menjadi pusat industri slondok.

Slondok goreng siap makan bisa anda dapatkan di toko makanan oleh-oleh di sekitar Magelang bahkan kini penyebarannya sudah ke luar kota dan luar pulau yang membuktikan bahwa makanan ini cukup digemari konsumen karena cita rasanya yang menggoda lidah bergoyang.

Slondok dengan banyak variasi rasa memang lezat sehingga mudah di terima oleh lidah manapun. Rasa yang paling di gemari adalah manis pedas.

Jika memungkinkan, Anda yang jauh diluar Magelang bisa membuat Slondok sebagai cemilan keluarga atau sebuah peluang usaha di rumah.

Cara membuat slondok

A. Bahan yang diperlukan :
1. Singkong
2. Minyak goreng
3. Bawang putih, kemiri, ketumbar, dan garam secukupnya. Bahan ini ditumbuk sampai halus

B. Cara membuat :
1. Kupas singkong, cuci bersih
2. Kukus singkong sampai matang selama satu setengah jam
3. Angkat dan tiriskan
4. Biarkan dingin lalu singkong ditumbuk sampai halus dan campurkan  bumbu yang telah dihaluskan secukupnya
5. Singkong yang sudah ditumbukan lalu digiling dengan mesin penggiling slondok. Hasil penggilingan  dibentuk melingkar dan dijemur sampai kering di terik matahari
6. Goreng slondok sampai matang
7. Slondok siap dikonsumsi atau dikemas untuk dipasarkan

Silahkan dicoba ...

No comments:

Post a Comment