Pages

Thursday, January 2, 2014

Situs Candi Umbul Magelang

Situs warisan masa lalu yang bisa anda kunjungi saat di Magelang adalah kolam pemandian Candi Umbul yang Berada di desa Kertoharjo, kecamatan Grabag Magelang. Akses jalan menuju situs kuno ini sekarang sudah beraspal mulus dan cukup lebar dengan sajian pemandangan persawahan dan kebun ala pedesaan sehingga bisa memanjakan mata pengunjung.

Candi Umbul adalah kolam pemandian yang bersumber dari umbul atau mata air yang mengeluarkan air hangat secara vertikal dari dalam tanah. Kolam pemandian ini dibentengi susunan batu candi dengan relief khas di keempat sisinya sehingga mirip patirtan atau taman air. Fungsi patirtan adalah tempat mandi dan sarana rekreasi keluarga kerajaan.

Ada 2 area pemandian dalam situs Candi Umbul yaitu pemandian air hangat alami dan pemandian air tawar. Kolam-kolam ini mengandung belerang dan dipercaya mempunyai khasiat untuk menghilangkan penyakit kulit, gangguan nyeri tulang bahkan seringkali menjadi tempat tujuan berziarah.

Jika anda merencanakan liburan ke Candi Umbul, Waktu yang tepat untuk menikmati kehangatan berendam di air Candi Umbul adalah pagi hari saat kabut dan uap kolam bertemu. Dijamin anda akan merasakan sensasi wisata budaya masa lalu dalam  suasana pagi yang mistis…

Kolam Pemandian Air Hangat Candi Umbul
Candi Umbul dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang dengan Harga tiket masuk yang terjangkau. Cukup membayar Rp. 3.000,- untuk pengunjung dewasa dan Rp.2.000, – untuk anak-anak, membuat Candi Umbul menjadi tempat wisata favorit untuk warga sekitar dan pendatang yang ingin berlibur dalam keindahan sejarah masa lalu.

Situs peninggalam sejarah masa lampau Candi Umbul adalah aset berharga bagi Kabupaten Magelang dan menjadi tempat tujuan wisata alternatif di wilayah Magelang Utara yang bisa memberikan tingkat kesejahteraan untuk warga sekitar.

Foto: pendekartidar.org

No comments:

Post a Comment